Biopsikologi Pembelajaran Perilaku Part 1

Definisi Biopsikologi menurut The American Heritage

Biopsikologi dijelaskan definisinya pada tahun 2o11 oleh The American Heritage, merupakan sebuah cabang psikologi yang mempelajari dasar-dasar biologi perilaku, emosi dan proses mental. Jadi jika disimpulkan Biopsikologi adalah psikologi yang menganalisis bagaimana perilaku dikendalikan oleh otak dan neurotransmitter.

Pengertian sederhana biopsikologi

Pengertian pada tingkat sederhananya, perspektif biopsikologi merupakan perilaku manusia yang bereaksi karena adanya rangsangan yang memberikan pengaruh ke dalam tubuh. Pada tahun 2011 bhondwe dan Ashlesha memberikan penegasan terhadap pandangan biologi yang sesuai dengan psikologi perilaku, yaitu:

  1. Metode perbandingan
  2. Fisiologi
  3. Sifat yang diwarisi dari keturunan orang tua

Pandangan Dr. Wowo Sunaryo Kuswana sebagai penulis di buku BIOPSIKOLOGI PEMBELAJARAN PERILAKU beliau memiliki pandangan bahwasannya biopsikologi ini sangat strategis jika digunakan oleh para pendidik untuk dijadikan landasan dalam memahami perilaku belajar peserta didik.

Asumsi yang mendasar biopsikologi dijadikan landasan untuk mempelajari perilaku

  1. Bilogi dijadikan penentu perilaku.
  2. Terdapat dasar genetik untuk semua perilaku.
  3. Manusia Perilaku memiliki fungsi adaptif atau evolusi.
  4. Perilaku memiliki asal-usul yang berhubungan pada otak dan lokasinya.
  5. Perilaku manusia dapat difahami, dengan menyertakan studi pada hewa sebagai perbandingan pada kondisi tertentu.

Biopsikologi memiliki kekuatan dan kelemahan

Kekuatan perspektif biopsikologi

  • Dengan memahami dasar-dasar fisiologis, dapat dimungkinkan bisa mengobati seseorang yang mempunyai gangguan perilaku dengan menggunakan kemoterapi dengan menggunakan obat, atau menggunakan versi yang lebih canggih dari lobotomy dengan menggunakan scan MRI atau bisa disebut psychosurgery.
  • Menggunakan teori evolusi yang memungkinkan dapat dilakukan pengembangan secara rasional untuk menjelaskan perilaku seseorang.

Kelemahan perspektif biopsikologi

  • Tidak bisa meninggalkan ruangan, untuk menjaga agar efek pengaruh lingkungan dan pengalaman hidup pada perilaku tetap terjaga.
  • Lemah dalam menjelaskan altruisme atau perhatian terhadap kesejahteraan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri.
  • Terjadinya reduksionistik atau proses dimana sebuah teori menyerap teori lainnya, karena hanya terlihat pada satu penyebab-penyebab fisiologis yang dapat mengakibatkan gangguan perilaku atau mental, sehingga ada indikasi penyederhanaan sesuatu penyakit.

Istilah Psychobiology

Istilah pschobiology ini sebenarnya telah digunakan dalam berbagai konteks, dan menekankan pentingnya biologi sebagai disiplin yang mempelajari modifikasi saraf dan seluler dalam perilaku manusia, plastisitas (kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan dirinya) dalam ilmu saraf, dan deceases biologi dalam semua aspek. Dan istilah Psychobiology pertama kali digunakan oleh Knight Dunlap dalam Bukunya yang diterbitkan tahun 1914 yang berjudul An Outline of Psychobiology.

Biopsikologi Pembelajaran PerilakuDr. Wowo Sunaryo Kuswana | hlm. 1-4

Jika ada kesalahan penulisan atau sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah atau Klik Contact Us