Definisi Sikap

Sikap Berdasarkan konsep psikologi ini didefinisikan sebagai evaluasi positif atau negatif dariorang, benda, peristiwa, kegiatan, atau apa saja yang ada di lingkungan sekitar.

Sikap memungkinkan untuk mengevaluasi seseorang dari suatu objek yang bervariasi mulai dari sangat negatif sampai sangat positif. Selain mengakui adanya manusia yang bertentangan atau ambivalen terhadap makna objek pada waktu berbeda mengekpresikan positif dan negatif terhadap objek yang sama. Hal ini telah menyebabkan beberapa diskusi apakah individu dapat memiliki terhadap beberapa objek yang sama.

Pada tahun 1979 William J, McGuire memberikan pandangan klasik, bahwa memiliki tiga wilayah yang mencakup kepada:

  1. Kognitif
  2. Afektif
  3. Perilaku

Definisi Perilaku

Dalam sosiologi perilaku dianggap memiliki makna yang tidak ditunjukan pada orang lain dan dengan demikian merupakan tindakan manusia yang paling dasar, meskipun dapat berperan dalam diagnosis gangguan spektrum autisme.

Perilaku menjadi konstruk yang penting dalam psikologi, pada awal abad ke-20 dengan munculnya paradigma yang dikenal sebagai “Behaviorisme”. Behaviorisme adalah reaksi terhadap psikologi “Fakultas” yang konon untuk melihat kedalam atau memahami pikiran tanpa manfaat pengujian ilmiah.

Teori Sikap Rosenberg dan Hovland

Teori ini merupakan salah satu teori yang banyak dirujuk, antara lain model Tripartite, menempatkan komponen afeksi, kognisi dan konasi sebagai faktr jenjang pertama dala suatu model hirarkis. kegiatannya didefinisikan sendiri dan kemudian dalam abtraksi yang lebih tinggi membentuk konsep sebagai faktor tunggal jenjang kedua.

sikap
(Gambar ini menjelaskan bahwasannya sikap itu merupakan sebuah perantara antara respon dan objek yang bersangkutan)

Struktur Sikap Secord dan Backman

Pada tahun 1964 kedua orang ini mengembangkan struktur yang terdiri dari tiga komponen (ABC), yaitu:

  1. Affective, merupakan komponen afektif yang mencerminkan perasaan seseorang tentang atau seniali objek
  2. Behaviour, merupakan komponen perilaku yang kadang-kadang disebut aspek konatif, bagaimana orang berperilaku ke arah objeknya
  3. Cognitive, merupakan komponen kogintifyang menyakini tentang objek

Hubungan Sikap dan Perilaku

Hubungan antara sikap dan perilaku sebagai proses musyawarah dengan individu secara aktif memilih untuk terlibat dalam perilaku terkait. Russel H. Faizo, mengusulkan Motivation and Opportunity as Determinants (MODE) yang berfokus pada motivasi dan kesempatan untuk pernyataan yang berhubungan dengan perilaku yang terjadi.

MODE ini merupakan teori proses ganda yang mengharapkan dan perilaku berhungungan, seperti yang dimodelkan oleh teori perilaku terencana. Hanya terjadi ketika memiliki motivasi untuk merenungkan mereka sendiri.

Menurut teori tindakan, mempengaruhi perilaku melewati suatu proses pengambilan keputusan yang teliti dan beralasan, dan dampaknya terbatas hanya kepada tiga hal. Pertama, perilaku tidak banyak ditentukan oleh sikap umum tapi ditentukan oleh sikap yang spesifik terhadap sesuatu. Kedua, perilaku tidak hanya dipengaruhi oleh sikap tapi juga oleh norma-norma subjektif yaitu, Keyakinan. Ketiga, sikap terhadap suatu perilaku bersama norma-norma subjektif membentuk suatu intensi atau niat untuk berperilaku tertentu.

Teori perilaku beralasan

Untuk menunjukan hubungan antara sikap dengan perilaku maka diperlukan teori perilaku beralasan yang menunjukan hubungan dan dampak bahwa intensi merupakan fungsi dari dua determinan dasar, yaitu Sikap individu terhadap perilaku dan persepsi individu terhadap tekanan sosial untuk melakukan atau untuk tidak melakukan yang disebut dengan norma subjektif

sikap
Theory of Planned Behavior : Ajzen (1988)

Banyak sekali faktor-faktor internal dan eksternal dari dimensi masa lalu, saat ini, dan masa datang yang dapat ikut mempengaruhi perilaku manusia. Lingkungan seseorang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku setiap individu.

Biopsikologi Pembelajaran Perilaku | Hubungan Sikap dengan Perilaku | Dr. Wowo Sunaryo Kuswana | hlm. 50-56

Tanggapi dan komen kami jika ada sesuatu yang keliru kami siap menerima masukan, atau bisa hubungi kami lewat Contact Us