Definisi Intelegensi

Beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda-beda mengenai intelegensi ini, ada sekitar 7 ahli yang akan dituliskan definisinya disini.

  1. Tyler (1956), Wechsler (1958), Sorenson (1977)
  2. Freeman (1971)
  3. Mehrens (1973), Terman (1983)
  4. Alfred Binet (1857-1931)
  5. George D. Stoddard (1941)
  6. Louis Thurstone (1887-1955)
  7. Whittherington

Sengaja definisi dari masing-masing ahli tidak saya masukan karena lumayan banyak. Tapi dari semua definisi yang ada maka dapat didefinisikan secara luas dengan bertolak dari semua definisi para ahli, yaitu bahwa Intelegensi merupakan suatu penjelasan dari sifat pikiran seseorang mencakup sejumlah kemampuan, seperti menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa dan belajar.

Keterkaitan Intelegensi dengan Tantangan Kehidupan

IQ dan Usia

Berbagai studi IQ dan penuaan telah dilakukan sejak yang pertama Wechsler Intelligence Scale menarik perhatian pada perbedaan IQ pada kelompok usia yang berbeda dari orang dewasa. Konsensus saat ini adalah bahwa kecerdasan fluida umumnya menurun dengan usia setelah awal masa dewasa, sementara kecerdasan mengkristal tetap utuh. Kedua efek kohort dan efek praktek harus dikontrol untuk mendapatkan data yang akurat.

Tidak jelas apakah ada intervensi gaya hidup dapat melestarikan kecerdasan cairan ke usia tua, yang tepat usia puncak kecerdasan cairan atau kecerdasan mengkristal tetap sulit dipahami. Studi cross-sectional biasanya menunjukan bahwa puncak intelejen terutama fluida pada usia yang relatif muda, sedangkan data longitudinal sebagian besar menunjukan kecerdasan yang stabil sampai pertengahan dewasa atau lambat. Selanjutnya kecerdasan akan menurun secara perlahan.

Genetika dan Lingkungan

Para penulis berpendapat bahwa program yang bertujuan untuk meningkatkan IQ akan paling mungkin untuk menghasilkan keuntungan IQ jangka panjang jika mereka menyebabkan anak-anak untuk bertahan dalam kkognitif menuntut pengalaman

Lingkungan keluarga yang tidak berbagi dan lingkungan di luar keluarga, meskipun orang tua memperlakukan anak-anak mereka berbeda, perlakuan yang berbeda tersebut menjelaskan hanya sejumlah kecil dari pengaruh lingkungan. Salah satu saran adalah bahwa anak-anak bereaksi secara berbeda terhadap lingkungan yang sama karena gen yang berbeda.

Biopsikologi Pembelajaran Perilaku | Intelegensi dan Implikasinya | Dr. Wowo Sunaryo Kuswana | hlm. 148-212

Tanggapi dan komen kami jika ada sesuatu yang keliru kami siap menerima masukan, atau bisa hubungi kami lewat Contact Us