Fungsi Utama Bahasa

Secara konsepnya fungsi bahasa adalah alat utama manusia untuk menunjukan eksistensi dirinya sebagai makhluk yang dapat didik dan terdidik. Fungsi utama diantaranya sebagaai alat komunikasi dan alat berpikir. Bahkan para ahli sepakat bahwa berbahasa adalah berpikir dan berpikir adalah berbahasa.

Peranannya dalam Ilmu Pengetahuan

Dr. Yunus Abidin, M.Pd mengatakan didalam bukunya Pembelajaran Multiliterasi, bahwa bahasa diistilahkan sebagai bapaknya ilmu pengetahuan. Beliau berpendapat demikian karena beliau memperhatikan dunia filsafat yang diartikan sebagai kegiatan berpikir yang sungguh-sungguh untuk menemukan sebuah kebenaran. kebenaran yang dilahirkan didalam filsafat tentu saja ada kebenaran yang dapat dibuktikan atau kebenaran yang bersifat spekulatif. Kebenaran-kebenaran yang dapat dibuktikan secara ilmiah melalui proses epistemologi ini kita sebut dengan istilah ilmu. Berdasarkan rangkaian peristiwa ini diketahui bahwa ilmu dilahirkan melalui proses berpikir. Dengan mengaitkannya kembali kepada kesepakatan para ahli bahwa berbahasa adalah berpikir dan berpikir adalah berbahasa maka jelaslah peranny untuk digunakan sebagai alat menghasilkan ilmu, mengabadikan ilmu, dan mengomunikasikan ilmu. karena hal inilah beliau memberikan istilah bapaknya pengetahuan.

Kajian Dr. Yunus Abidin, M.Pd

Dalam kajiannya, beliau memberikan jumlah minimal yang mejadikan berbeda antara bahasa manusia dan hewan. Ada empat pembeda, yaitu: Pertama, Bahasa manusia bersifat dualisme yakni yang menekankan pada aspek bunyi dan aspek makna. Dualisme ini kemudian melahirkan ciri bahsa manusia bahwa berbeda bunyi pasti akan berbeda makna. Kedua, Bahasa manusia adalah dinamis, artinya bahasa manusia senantiasa berkembang dari waktu ke waktu, dan yang tidak berkembang menjadi beku yang akhirnya lama-kelamaan tersebut akan mengalami kepunahan. Ketiga, Bahasa manusia berasaskan kejauhan yang artinya manusia bisa menjangkau wilayah komunikasi yang luas melalui bantuan berbagai teknologi komunikasi. Keempat, menerangkan bahwa manusia dapat menggunakannya untuk menyimpan dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Bahasa bagi manusia berfungsi sebagai penyimpan dan pengembang ilmu pengetahuan. Berbagai hasil kegiatan berpikir manusia dituliskan sehingga selanjutnya dapat dipelajari oleh generasi berikutnya. Sejalan dengan akal dan pikirannya manusia tidak pernah puas dengan ilmu yang dipelajarinya sebagai hasil berbagai pemikiran sebelumnya.

Pembelajaran Multiliterasi | Dr. Yunus Abidin, M.Pd | hlm. 15-19

Tanggapi dan komen kami jika ada sesuatu yang keliru kami siap menerima masukan, atau bisa hubungi kami lewat Contact Us

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *