Tujuan pembelajaran literasi pada Abad ke-21 yaitu untuk memberikan kesempatan dan peluang kepada siswa dalam mengembangkan dirinya sebagai komunikator yang kompeten dalam multikonteks, multikultur, dan multimedia melalui pemberdayaan multiintelegensi yang dimilikinya. Ada empat tujuan utama dalam pembelajaran literasi ini, yuk kita bahas.

Tujuan Pertama

Tujuan pembelajaran literasi pembaca memiliki kompetensi mikro yang mencakup kemampuan mengidentifikasi tujuan teks, sasaran teks, dan implikatur teks; Kemampuan membuat beragam bentuk teks dengan menggunakan beragam media termasuk media teknologi digital; Kemampuan literasi untuk berbagi kepentingan dalam beragam konteks keilmuan, beragam budaya, dan beragam situasi; dan kemampuan memilih strategi dan keterampilan yang tepat dalam keberagaman ilmu, budaya, situasi, dan media.

Tujuan Kedua

Tujuan pembelajaran literasi pembaca dan penulis mampu menggunakan kemampuan berpikirnya untuk mengatur proses membaca dan proses menulis yang dilakukannya. Pembaca dan penulis yang demikian adalah pembaca dan penulis yang mampu merumuskan ide-ide secara kreatif, mampu memecahkan masalah, mampu menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi, mampu melakukan interpretasi secara mendalam, dan mampu secara cerdas memahami teks.

Kemampuan tingkat tinggi ini mengacu kepada kemampuan individu dalam mentransformasikan informasi dan ide. Kemampuan ini tercermin dari kemampuan seseorang untuk menggabungkan fakta dan idenya yang kemudian hasil dari penggabungan fakta dan ide tersebut dijadikan bahan untuk membuat sintesis, generalisasi, penjelasan, hipotesis, simpulan, ataupun interpretasi. Dengan memanipulasi informasi dan ide melalui proses ini, seseorang dapat memecahkan masalah, memperoleh pemahaman, dan menemukan makna baru.

Tujuan Ketiga

Tujuan pembelajaran literasi untuk menanamkan apresiasi siswa tentang nilai dan kekuatan literasi sehingga mereka akan senantiasa termotivasi untuk berliterasi sepanjang hidupnya atas dasar berbagai alasan baik alasan pribadimaupun alasan profesional. Siswa perlu menyadari bahwa berliterasi akan mampu membantu mereka mempelajari dirinya sendiri, memecahkan masalah, dan mengeksplorasi serta mempengaruhi dunia. Dengan demikian , tujuan pembelajaran literasi yang ketiga ini pada dasarnya adalah untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap literasi dan segala hal yang berhubungan dengan literasi tersebut dengan harapan melalui kecintaannya tersebut siswa akan berliterasi sepanjang hidupnya.

Tujuan Keempat

Tujuan pembelajaran literasi untuk mengembangkan kemandirian siswa sebagai seorang pembelajaran yang kreatif, inovativ, produktif, dan sekaligus berkarakter. Berdasarkan tujuan ini, siswa diharapkan mampu secara mahir dan mendalam menggali makna serta mengembangkan pendirian dan pendapat mereka sendiri sebagai pemikir yang independen. Pembelajaran literasi yang efektif sepanjang proses pembelajaran senantiasa berusaha mendorong siswa menjadi individu yang berpikir independen Pembelajaran efektif juga secara bertahap membentuk dan meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui penguasaan strategi dan keterampilan yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri.

Pembelajaran Multiliterasi Dr. Yunus Abidin, M.Pd | hlm. 23-26

Tanggapi dan komen kami jika ada sesuatu yang keliru kami siap menerima masukan, atau bisa hubungi kami lewat Contact Us

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *